Detail Berita

Wilayah

Secara administratif, Desa Gading terletak di wilayah Kecamatan Bululawang Kabupaten Malang dengan posisi dibatasi oleh wilayah desa-desa tetangga. Di sebelah Utara berbatasan dengan Desa Lumbangsari Kabupaten Bululawang. Di sebelah Barat berbatasan dengan Desa Sukonolo Kecamatan Bululawang. Di sisi Selatan berbatasan dengan Desa Putuk Rejo Kecamatan Gondanglegi, sedangkan di sisi timur berbatasan dengan Desa Krebet Kecamatan Bululawang.

Jarak tempuh Desa Gading  ke kecamatan adalah 3 km, yang dapat ditempuh dengan waktu sekitar 15 menit. Sedangkan jarak tempuh ke kabupaten adalah 13 km, yang dapat ditempuh dengan waktu sekitar 1 jam. 

         

Kondisi dan Ciri Geologis Wilayah

Luas Wilayah Desa Gading adalah 475,904 Ha. Luas lahan yang ada terbagi ke dalam beberapa peruntukan, yang dapat dikelompokkan seperti untuk fasilitas umum, pemukiman, pertanian, perkebunan, kegiatan ekonomi dan lain-lain.

Luas lahan yang diperuntukkan untuk pemukiman adalah 46,350 Ha. Luas lahan yang diperuntukkan untuk Pertanian adalah 267,025 Ha. Luas lahan untuk  perkebunan adalah 160 Ha.

Wilayah Desa Gading secara umum mempunyai ciri geologis berupa lahan tanah hitam yang sangat cocok sebagai lahan pertanian dan perkebunan. Secara prosentase kesuburan tanah Desa Gading terpetakan sebagai berikut: sangat subur 206,472 Ha, subur 29,553 Ha, sedang 21 Ha, tidak subur/ kritis 11 Ha. Hal ini memungkinkan tanaman padi untuk dapat panen dengan menghasilkan 8,5 ton/ ha. Tanaman jenis palawija juga cocok ditanam di sini.

Berdasarkan data yang masuk tanaman palawija seperti kacang tanah, kacang panjang, jagung, dan ubi kayu, ubi jalar mampu menjadi sumber pemasukan (income) yang cukup handal bagi penduduk desa ini. Untuk tanaman perkebunan, jenis tanaman tebu merupakan tanaman handalan. Jenis tanah hitam Desa Gading  ini menjadi bagus untuk pembangunan rumah tembok bangunan.

Berita Terkait